Thursday, May 14, 2015

PUSAT PELATIHAN KERAMIK P4TK SENI DAN BUDAYA DI YOGYAKARTA

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta, selain pergi ke tempat pembuatan dan penjualan keramik tradisional di Kasongan Bantul, jangan lupa juga untuk berkunjung ke P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) di Jl Kaliurang KM 13 SlemaN, DIY.

P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada dibawah koordinasi Kementrian Pendidikan Nasional Sesuai dengan namanya, unit ini memiliki tugas utama melaksanakan program yang berkaitan dengan pengembangan dan pemberdayaan tenaga guru dengan tujuan untuk menciptakan tenaga pendidik yang lebih profesional dari waktu ke waktu. Unit ini dahulu diberi nama Pusat Pengembangan dan Penataran Guru (disingkat PPPG).

Hasil Kerajinan Logam Perhiasan
Terdapat beragam pendidikan keterampilan di P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta, ada studio Pendidikan Ketrampilan Logam, tempat pendidikan pembuatan  berbagai macam kerajinan logam seperti giwang, kalung, hiasan tubuh pengantin, emban cincin, juga bengkel las dan ketrampilan bubut, disamping studio logam  ada  studio Pendidikan Ketrampilan Kayu dan beberapa unit pendidikan ketrampilan lainnya.  Selain menjadi tempat pendidikan keterampilan teknis, P4TK Seni dan Budaya Yogya juga merupakan tempat pendidikan dan pengembangan tari dan kesenian lokal.

Studio yang paling menarik waktu saya berkunjung adalah Studio Keramik, tempat pelatihan dan pendidikan pembuatan keramik yang sangat lengkap fasilitasnya. Ada sekelompok murid sekolah dari Kalimantan Selatan yang ketika itu tengah belajar membuat keramik bermutu. Bahan baku keramik di P4TK diambil dari tanah Sukabumi, Bojonegoro, juga Kalimantan Timur. Sebagaimana foto-foto yang saya unggah disini, pusat pendidikan pembuatan keramik di tempat ini sudah dilengkapi dengan mesin-mesin pembakar keramik
elektrik tingkat menengah, dengan pembakaran listrik bersuhu diatas 1,000 derajat Celcius, sehingga tingkat kesempurnaan keramik yang dihasilkan menjadi amat baik. Keramik Kasongan disebutkan dibuat dengan tingkat pembakaran rendah.

Pusat pelatihan dan pendidikan keramik P4TK Seni dan Budaya juga menjadi rujukan bagi bebarapa peserta pelatihan dari luar negeri dan dalam negeri, dan bagi mahasiswa Prodi Teknik Mesin, bisa mengambil mata kuliah pilihan studi pembuatan keramik, yang bisa diikuti dengan durasi kursus tertentu,  dan mendapatkan sertifikat kepesertaan ketrampilan pembuatan keramik.

Menyaksikan sendiri proses pembuatan dan alat yang tersedia, jadi mengingatkan pada peran yang dimainkan oleh Demi Moore, pada film "Ghost", diiringi lagu "Unchained Melody" nya Julio Iglesias. Silakan luangkan waktu untuk berkunjung dan melihat-lihat tempat yang menarik ini.


Processing Room


Beberapa alat pembakar keramik elektrik yang terdapat di studio keramik P4TK Yogya.





Beberapa hasil produksi pendidikan keramik P4TK :














No comments:

Post a Comment

JAKARTA 313 : BUNUH DIRI ATAU SEMAKIN MENGUATKAN DUKUNGAN ?

Benar belaka bahwa aksi 212 pada Desember tahun lalu, adalah aksi terbesar sepanjang masa yang genuine dan puritan. Diikuti oleh sekit...