Tuesday, May 19, 2015

FAKULTAS TEKNIK PRODI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (FTM UNY)



Sementara ini menurut pengamatan saya, tempat terbaik bagi mahasiswa Fak Teknik Prodi Teknik Mesin untuk praktek laboratorium dan bengkel permesinan adalah di Fakultas Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta ( FTM UNY). Selain fasilitasnya amat lengkap, mesin-mesin dibengkel kerja dan silabus yang baik ditambah para instruktur yang berpengalaman, menjadikan laboratorium dan bengkel kerja teknik mesin Fak Teknik mesin UNY Yogyakarta sebagai tempat pelatihan terbaik bengkel permesinan di Yogyakarta.




Mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar permesinan di bengkel kerja dan laboratorium untuk satu semester dengan membayar hanya Rp. 500,000,-/mahasiswa. Itu sudah mendapatkan kesempatan belajar untuk memahami dan mengoperasikan mesin CNC, Bubut, Las dan Freez (mesin pendingin). 


Beberapa mahasiswa dari kampus di Yogya seperti Stiper dan Universitas Janabadra telah menyelesaikan praktek permesinan di FTM UNY. Stiper malah setiap semester rutin mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di laboratorium dan bengkel FTM UNY. D-3 Teknik Mesin UGM dan Universitas Brawijaya Malang malah mengirimkan juga mahasiswanya ke tempat ini. Dan dibanding dengan FTM UNY, D3 Teknik Mesin UGM kalah lengkap dalam koleksi alat-alat mesin dan perbengkelan.



Fakultas Teknik Mesin UNY dulunya bernama IKIP Yogyakarta Jurusan Teknik Mesin, bersama Fakultas Teknik Mesin IKIP Padang merupakan dua kampus pelopor untuk pengembangan jurusan teknik mesin di Indonesia, dan pada tahun 1987 sempat mendapatkan bantuan hibah mesin-mesin lengkap untuk otomotif, meteorologi dan alat/mekanik. Dalam perjalananya sampai dengan diubahnya status IKIP menjadi Universitas, peralatan mesin dan bengkel kerja di FTM UNY masuk dalam papan atas Prodi Mesin terlengkap di Indonesia. Pernah beberapa kali menjuarai kontes permesinan dan robotik, saat ini juga tengah membuat sebuah robot yang bisa bermain bulutangkis (lihat gambar).


Perakitan Robot Badminton


 Bengkel Mekanik


Siswa Pelatihan Bengkel Mekanik


Kelas Pelatihan CNC 


Industrial CNC Equipment




CNC For Training


Equipments











No comments:

Post a Comment

Mengkritisi Pajak bagi Pelaku UMKM

Pelaku UMKM Indonesia sedang kesal. Pasalnya, setelah merampungkan revisi PP Nomor 46 tahun 2013 (Tarif PPh Pasal 4 Ayat 2 / ...